Latest Syarat

Syarat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

23 Februari 2023
Syarat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Persyaratan Lamaran Kerja Yang Harus Dipersiapkan Saat Melamar Kerja Atau Interview. Jangan Ngasal!

Berkas Lamaran Kerja yang Harus Dipersiapkan Antara Lain:

Surat Lamaran Kerja

Berkas pertama saat mengirim lamaran kerja yang sangat vital adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran ini salah satu berkas yang tidak boleh pelamar lewatkan. Dalam surat lamaran ini biasanya memaparkan tentang maksud dan tujuan pelamar serta informasi ringan mengenai identitas diri. Saat ini, banyak contoh surat lamaran kerja yang bisa pelamar jadikan preferensi.

Curriculum Vitae (CV)

Selain surat lamaran kerja, berkas yang juga tak boleh pelamar lewatkan salah satunya adalah curriculum vitae (CV), yakni daftar riwayat hidup yang sekilas berisi mengenai calon pelamar.

CV biasanya berisi nama lengkap, alamat email, telepon, riwayat pendidikan, pengalaman kerja dan organisasi serta skill yang dimiliki.

Ijazah

Berkas lamaran kerja selanjutnya adalah fotokopi ijazah serta transkrip nilai. hal Ini dijadikan sebagai kelayakan bahwa calon pelamar benar-benar pernah kuliah di Universitas yang telah ditulis di CV, serta prestasi akademik yang ada sesuai dengan yang diakui oleh pihak kampus. Pastikan keduanya telah dilegalisir oleh pihak kampus sebagai bukti yang valid dan diakui.

Portofolio

Bagi pelamar yang mempunyai pengalaman kerja, akan lebih baik mempersiapkan portofolio untuk mendapatkan nilai lebih di mata recruiter / HRD. Ada banyak cara membuat dan contoh portofolio yang bisa kamu ikuti. Portofolio ini bisa jadi acuan bagi tim HR untuk menyeleksi calon pegawai baru.

Pas Foto Terbaru

Berkas lamaran lain yang tak kalah penting adalah pas foto terbaru berukuran 3×4 dan 4×6.

Siapkan stok sebanyak mungkin jika kamu memiliki rencara untuk melamar pekerjaan secara offline. Jika kamu melamar secara online, cukup sertakan file dengan resolusi yang baik.

Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga

Berkas lamaran kerja selanjutnya adalah fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK). Berkas yang satu ini harus pelamar siapkan terlebih jika pelamar sudah mencapai beberapa tahap dalam proses melamar pekerjaan, (KK bersifat opsional).

Sertifikat

Punya sertifikat atau piagam penghargaan? Jangan lupa sertakan sebagai berkas lamaran kerja, ya. Salah satunya adalah bahasa Inggris (TOEFL atau IELTS) dan pendidikan informal lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menyertakan piagam penghargaan atas prestasi yang pernah diraih sepanjang hal tersebut relevan dengan dunia pekerjaan.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Ada baiknya menyiapkan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) sebagai antisipasi kebutuhan saat melamar kerja. Jika kamu sudah memilikinya, ada baiknya cek kembali apakah SKCK tersebut masih berlaku atau tidak. Ini karena SKCK memiliki masa kedaluwarsa, lo. Kamu bisa melakukan perpanjangan di kantor kepolisian dengan syarat perpanjang SKCK yang cukup mudah.

Fotokopi Surat Keterangan Sehat

Di tengah pandemi Covid-19, ada baiknya jika pelamar membuat surat keterangan sehat. Surat semacam ini biasanya dibutuhkan pada beberapa tahap proses rekrutmen calon pegawai. Namun, hal ini tergantung dari perusahaan tersebut sehingga bersifat opsional.

Formulir dari Perusahaan

Fornulir tersebut biasanya sudah dipersiapkan oleh perusahaan yang kamu lamar. Namun, tidak semua perusahaan memiliki prosedur tersebut. Ada baiknya melakukan pengecekan kembali apakah perusahaan tersebut menyediakan formulir tersebut atau tidak. Informasi yang biasanya harus diisi adalah nama lengkap, nilai IPK, riwayat pekerjaan hingga ekspektasi gaji.


Baca juga syarat-syarat lainnya yang mungkin kamu butuhkan:


Bagikan syarat ini:
Laporkan

Ingin update syarat terbaru?

Partners